Secara informal, grafik
dapat dianggap sebagai kumpulan titik yang disebut simpul, beberapa yang
dihubungkan oleh segmen garis yang disebut tepi. Teori Graph merupakan
salah satu cabang dari bidang Matematika Diskrit yang mempunyai banyak terapan
di berbagai bidang.
Graph adalah kumpulan noktah (simpul)
di dalam bidang dua dimensi yang dihubungkan dengan sekumpulan garis
(sisi). Graph dapat digunakan untuk merepresentasikan
objek-objek diskrit dan hubungan antara objek-objek tersebut. Representasi
visual dari graph adalah dengan menyatakan objek sebagai
noktah, bulatan atau titik (Vertex), sedangkan hubungan antara
objek dinyatakan dengan garis (Edge).
G = (V, E)
Dimana
: G = Graph
V = Simpul atau Vertex, atau Node, atau Titik
V = Simpul atau Vertex, atau Node, atau Titik
E = Busur atau Edge, atau arc
Banyak sekali struktur
yang bisa direpresentasikan dengan graf, dan banyak masalahyang bisa
diselesaikan dengan bantuan graf. Seringkali graf digunakan
untuk merepresentasikan suaru jaringan. Misalkan jaringan jalan raya
dimodelkan graf dengan kota sebagai simpul (vertex/node) dan
jalan yang menghubungkansetiap kotanya sebagai sisi (edge) yang bobotnya
(weight ) adalah panjang dari jalan tersebut.
Referensi : http://lppm.trigunadharma.ac.id/public/fileJurnal/hpiM4-Jurnal-DW-TeoriGraph.pdf
https://id.scribd.com/doc/129557072/Graph
Design & Analisis Algorithms [ Anany Levitin ]